Sabtu, 25 Juni 2016

Berhasil Capai Puncak Gunung Agung

Pendaki maraton gunung solo, Willem Sigar Tasiam (58) melanjutkan ekspedisinya menaklukkan 50 gunung pada 40 hari. Habis turun dari Gunung Agung, Karangasem, Bali, Senin (2/5/2016) pagi, Willem langsung menjajal Gunung Batur dalam siang nanti.

Willem tiba di kaki Gunung Agung pada Minggu (1/5/2016) malam satu kota pukul 21.00 Wita. Rencananya, dia bakal mulai mendaki pukul 02.00 dini hari. Namun, Willem memutuskan untuk langsung mendaki malam itu dan.

Tersebut yaitu kali kedua pendakian Willem dimulai makin tangkas dari jadwal. Salah satunya pendakian Gunung Rinjani (Lombok, NTB) dua hari lalu. Perbekalan Willem sama mirip biasanya, yakni raincoat, flysheet, headlamp, air mineral, dengan makanan mirip sandwich.

Willem memulai pendakian pukul 21.40 Wita. Pendakian Gunung Agung biasanya dimulai dari Pura Besakih. Namun, Willem memilih naik dari Pura Pasaran Agung karena, untuk dia, akan menghemat makin sangat banyak waktu.

Willem tiba pada puncak Gunung Agung (tiga.142 mdpl) pukul 07.30 Wita. Selesai istirahat juga mengabadikan kondisi di puncak, ia kembali turun di pukul 08.30 Wita. "Puncak cerah, Gunung Batur tampak lanjut. Tak berada hambatan berarti, kecuali sandwich dicuri monyet. Pisang dan dicuri monyet," kisahnya.

Dia tiba kembali pada base camp Pura Pasaran Agung satu kota pukul sepuluh.50 Wita. Perjalanan langsung berlanjut ke Kintamani. Rencananya, Willem bakal mendaki Gunung Batur pada siang itu.

Gunung Agung merupakan gunung suci buat umat Hindu Bali. Gunung yang letaknya pada Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, itu punyai kawah besar yang terkadang mengeluarkan asap. Masyarakat Hindu Bali percaya, Gunung Agung yaitu lokasi bersemayamnya para dewa.

Willem dijadwalkan mendaki 2 gunung di Bali sekaligus di satu hari, yakni Gunung Agung (Karangasem) serta Gunung Batur (Bangli). Gunung lain yang juga bakal didaki pada Bali yaitu Gunung Batukaru (Tabanan). 

Ikuti kisah perjalanan pelari Willem Sigar di liputan khusus Kompas.com pada laman "Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari". Group Kompas.com akan mengikuti perjalanan Willem mendaki 50 gunung menelusuri lari maraton di 40 hari. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar