Sabtu, 25 Juli 2015

Kelimutu, Adalah Gunung Terindah di Dunia

Sadar atau tidak, kemunculan gunung berapi jadi penghubung antara manusia dan inti global. Meski kadang letusannya menjadi bencana, tetapi pasca letusan itu muncul pemandangan alam yang selalu memukau juga memancing segala wistawan dari penjuru dunia. Entah masih aktif atau bukan, berikut 8 gunung berapi sangat mengundang decak kagum di dunia versi Quora.com:

Santorini, Yunani

Dimengerti serta bangunan putih yang melekat di tebing penuh warna, pulau dalam Yunani tersebut adalah bekas kaldera vulkanis yang terbentuk 1600 tahun sebelum masehi ketika satu diantaranya erupsi terhebat tercatat dalam sejarah menyapu sebagian besar pulau, termasuk beberapa pemukiman asli.

Kini, Santroni menyenangkan wisatawan dari semua kalangan untuk merasakan sisa-sisa letusan cepat ini. Pengunjung diwajibkan mengunjungi pulau bukan berpenghuni Nea Kameni yang ada dalam tengah kaldera Santorini. Meskipun terlihat aneh dalam tengah cantiknya Kaldera Santorini, namun gundukan berwarna hitam-coklat tersebut memiliki keindahan tersendiri terlebih ketika pengunjung menaikinya.

Gunung Mayon, Filipina

Terletak 450 kilometer sebelah tenggara Manila, Gunung Mayon ada dalam Pulau Luzon. Gunung yang menjadi gunung teraktif dalam Filipina ini adalah stratovolkano, gunung berbentuk kerucut resiko lapisan aliran lava yang membentuk kerucut simetris.

Para pendaki gunung ini akan dihadiahi pemandangan mengagumkan Provinsi Albay dengan Samudera Pasifik. Tetapi, bagi yang hanya ingin memandang dari jauh, Gunung Mayon sangat mampu dinikmati dari Cagsawa Ruins, gereja peninggalan era ke-18 yang rusak karena erupsi dalam tahun 1814.

Gunung Kilimanjaro, Tanzania

Segala petualang dari seantero dunia pasti berkunjung ke perbatasan Tanzania juga Kenya demi mendaki Gunung Kilimanjaro. Gunung tertinggi dalam Afrika tersebut juga termasuk gunung berapi tertinggi yang memiliki tiga gunung.

Dua di antaranya, Mawenzi dengan Shira, sudah bukan aktif. Sedangkan satu gunung yang lain, Kibo, yang dan terdapat puncak tertinggi yakni Puncak Uhuru, tetap tetap aktif dan memungkinkan untuk mengeluarkan uap dan gas sesekali. Segala pendaki Kilimanjaro mesti siap-siap serta kemajuan suhu yang drastis ketika mendaki gunung setinggi lima.895 meter di kontra belahan laut tersebut.

Kawah Ngorongoro, Tanzania

Berjarak 200 kilometer sebelah barat Kilimanjaro, terdapat Kawah Ngorongoro yang sebelumnya ialah suatu gunung berapi yang tingginya hampir menyerupai Kilimanjaro. Dianggap tinggi gunung tersebut selingkungan 4500-4800 meter sebelum gunung itu meletus.

Sekarang, dengan diameter 22,5km dan kedalaman 610 meter, Ngorongoro jadi kawah terhebat pada bumi yang terbentuk dikarenakan proses alam yang unik. Air terjun turun dari kaldera dan mengairi padang rumput hijau serta mengisi danau pada sesi bawah yang dipenuhi burung flamingo. Terdapat dan hewan-hewan besr di tepinya, semacam singa, kuda nil, kerbau, zebra, dengan begitu juga badak.

Gunung Kelimutu, Indonesia

Kelimutu mempunyai tiga danau kawah yang misterius yang menggoda ilmuwan sekaligus pengunjung untuk berkunjung ke Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebuah danau berwarna hijau turqoise, danau lainnya berwarna merah tua, juga seorang lagi berwarna hitam.

Ilmuwan menuturkan warna-warna itu muncul dari reaksi kimia yang telah tersaji saat gas vulkanis bersua mineral di danau. Meskipu begitu, penduduk lokal yakin danau itu merupakan ‘Tempat Persemayaman Jiwa’. Jadi, warna-warna tersebut merpresentasikan kala jiwa-jiwa yang bersemayam di sana.

Kilauea, Hawaii

Gunung berapi Hawaii populer dan erupsinya yang aktif serta pemandangannya yang menakjubkan. Gunung berapi termuda di Hawaii, Kilauea, telah berkali-kali erupsi mulai 1983. Banyak lava yang jatuh langsung menuju laut dan membentuk batuan hitam dan gumpalan asap yang fantastis.

Mauna Kea, Hawaii

Mauna Kea berumur satu kota seorang juta tahun lebih tua dibanding Kilauea. Gunung ini selalu aktif juga tetap menegaskan dengan ukurannya yang mencapai empat.205 meter. Mauna Kea yang cantik serta jadi rumah buat harta terpendam, termasuk danau beku dekat puncak yang hanya dapat diakses serta strategi didaki sejauh enam mil atau 10 jam perjalanan. Salju berhasil dijangkau pada sini ketika musim dingin serta tanpa keramaian.

Gunung Fuji, Jepang

Mampu menjadi, gunung stratovolkano yang memperoleh puncak simetris yang pasti populer dalam global ialah Gunung Fuji. Gunung tersebut sudah menjadi inspirasi dari beragam kreasi artistik sepanjang berabad-abad. Gunug Fuji dan menjadi simbol Jepang, diselimuti salju di puncaknya, menjulang di kejauhan, bunga sakura pada barisan depannya.

Tidak cuma gunung itu juga yang hebat dan misterius, namun Hutan Aokigahara pada sebelah barat laut gunung ini serta menginspirasi imajinasi dominan legenda lokal yang menggambarkan iblis yang menghantui lingkungan. Meski demikian, gunung ini menjadi tempat yang aman sebab risiko erupsi yang relatif rendah mulai terakhir meletus dalam 1707.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar